Tips Paket Umrah Murah 1B : Komponen Harga Paket Travel Haji dan Umroh

Written by Hadi. Posted in Tips Umroh & Haji Hemat

              Setelah kita diingatkan kembali bahwa setiap perbuatan akan bergantung pada niatnya, baik ganjarannya di akhirat dan juga ongkos yang harus dikeluarkan di dunia, sebetulnya saya akan masuk ke tips – tips yang lebih konkrit yang memang bisa diukur berapa rupiah penghematan yang bisa kita capai dengan melakukan hal –hal tersebut, tapi sebelumnya saya merasa perlu untuk menjelaskan terlebih dahulu sebenarnya bagaimana struktur biaya sebuah Travel Umroh Haji dalam memberangkatkan jamaahnya , dengan demikian kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang bagaimana berhemat ketika umroh. Dan karena itu juga saya tidak menamakan tulisan ini sebagai tips nomor 2, tapi tips nomor 1B, sebagai pengantar untuk tips – tips selanjutnya

 

               Sebenarnya dalam tulisan ini saya akan membongkar kepada anda, jeroan dan segala “rahasia” travel haji dan umroh dalam membuat paket danm menentukan harga pasar. Asumsi yang saya pakai adalah dengan harga tahun 2013 dan paket standar yang biasa diluncurkan oleh ribuan biro perjalanan wisata di tanah air. Jadi sebenarnya setelah membaca rangkaian tulisan ini anda sudah dapat merangkai paket perjalanan sendiri dan mungkin juga buka biro perjalanan haji dan umroh sendiri J.  Apa yang akan saya jelaskan juga akan sangat berguna bila kita mau meminta pihak travel haji dan umroh untuk membuatkan paket perjalanan yang custom made untuk kita, dan kita punya gambaran kita bisa menawar sampai level mana.        

Sebagai orang awam kita hanya tau bahwa biaya untuk pergi ke tanah suci adalah harga yang tercantum di brosur – brosur travel haji dan umrah, untuk paket umroh hemat tahun 2013 rata – rata harga yang ditawarkan berkisar antara $1600 - $1900, sedangkan untuk paket vip biasanya $1900 - $ 2300, untuk paket plus Negara lain (Palestina, Turki, Mesir) berkisar antara $2200 - $2500. Namun yang jadi pertanyaan sekarang apakah memang segitu biaya riil yang harus dikeluarkan seseorang untuk menjadi tamu Allah ?

                Dalam menghitung biaya untuk ke tanah suci, hal pertama yang harus kita keluarkan dari struktur harga adalah keuntungan travel umrah dan haji. Untuk paket hemat biasanya biro perjalnan umroh dan haji mengambil keuntungan $100 - $ 150 atau hanya sekitar 7 – 8 % dari harga. Margin yang diambil akan lebih besar lagi ketika paket yang dijual adalah paket premium bisa sekitar $200 - $300, begitu pula paket yang khusus berangkat dengan ustad atau tokoh tertentu, yang bikin mahal bukan karena pihak travel yang mengambil untung lebih, tapi karena biasanya sang ustad akan meneriam setoran sekitar $100 / jamaah di luar uang saku. Yah..  ustad kan juga manusia yang asap dapurnya harus terus ngebul… Tapi memang saya akui ada beberapa travel yang benar – benar “mengeksploitasi” karisma sang ustad hingga mengambil keuntungan di luar kewajaran sekitar $300 - $400.

                Setelah mengeluarkan margin keuntungan travel haji dan umroh, sekarang kita akan lihat pengeluaran riil lainnya yang memang sangat besar. Perlu saya ingatkan lagi yang akan saya jelaskan adalah dengan asumsi harga paket umroh 2013 dan yang umum dijual oleh travel umroh dan haji. Tak diragukan pengeluaran terbesar untuk perjalanan umroh adalah tiket pesawat, rata – rata mencapai 60% dari total biaya, bahkan dalam paket tertentu bisa sampai 70%. Karena 60% uang yang kita bayarkan itu dipakai selama 10 jam perjalanan di udara, itu sebabnya kita lihat paket umroh 16 hari tidak jauh beda harganya dengan paket umroh standar 9 hari.

                Kedua terbesar adalah hotel, sekitar 16% dari total biaya, hotel di makkah dengan kelas yang sama seperti madinah biasanya memiliki rate hamper dua kali lipat lebih mahal, sebagai contoh hotel bintang 4 berjarak 500m di mekah mematok harga 400 riyal per malam, sedangkan hotel dengan kelas yang sama di madinah hanya mematok harga 250 riyal. Para travel umroh dan haji biasanya menyiasati hali ini dengan menjadwalkan hari rabu – jumat (weekend di Saudi) menginap di madinah, sedangkan hari – hari lain baru boleh menginap di mekah. Karena penduduk local Saudi Arabia ketika weekend mereka berlibur ke Mekah, mungkin seperti warga Jakarta yang kalau libur memadati puncak dan bandung.

                Pengeluaran besar selanjutnya adalah makanan/ konsumsi. Sekitar 8% dari budget, bahkan pada kasus tertentu bisa 18% dari budget, lebih mahal dari kamar hotelnya. Ini biasanya terjadi bila tempat makan yang diambil adalah restoran hotel bintang lima. Oleh karena itu biro perjalanan umroh dan haji biasanya menyiasati itu dengan menyertakan hotel bintang lima dalam paketnya, tapi untuk makan sehari – hari makan di restoran Indonesia yang ada di mall lantai bawah. Bagi jamaah yang pernah tinggal di grand zamzam pasti mengalami hal ini.

                Untuk keempat dan kelima adalah biaya visa dan tour leader, masing – masing mengambil 7% dari anggaran atau sekitar $100 / jamaah. Untuk visa memang tertera di paspor kita bahwa visa itu gratis, tapi pada kenyataanya travel umroh dan haji harus membayar ke agen visa yang ditunjuk pemerintah Saudi sebesar $80 - $100 bahkan pada saat – saat sulit biayanya ini bisa membengkak sampai 3 kali lipat. Untuk tour leader yang berangkat dari Indonesia sangat tergantung berapa jumlah jamaah dan bagaimana paketnya, tapi kalau paket hemat dengan 20 jamaah biasanya setiap jamaah dibebanni $70 - $80, karena susidi tour leader ini adalah biaya tetap yang paling besar, biasanya menjadi dasar bagi travel umrah haji untuk menentukan jumlah minimal jamaah yang berangkat setiap kelompok, atau kelompok kecil tetap diberangkatkan namun tidak menyertakan pembimbing dari Indonesia.

                   Kelima hal tadi sudah mencakup 90% pengeluaran paket umroh dan haji, sisanya yang kecil kecil, mencakup, bus, gaji guide, porter, zamzam, handling bandara, manasik, perlengkapan. Yang perlu saya tekankan di sini adalah, besarnya biaya tidak mencerminkan tingkat urgensi hal tersebut. Seperti biaya makan yang lebih besar ketibang bus, bukan berarti catering lebih penting dari bus… kl tidak ada catering kita masih bisa beli di restoran sekitar masjid, tapi kalau tidak ada bus… kita hanya bisa melongo di bandara tanpa kepastian kapan bisa ke mekah.

                Semua yang saya ungkapkan di atas bukan suatu standar budgeting yang harus dipakai biro perjalanan umroh. MENARA WISATA yang memang fokus pada paket umroh murah melakukan terobosan yang revolusioner yang dapat menekan harga dan membuat travel lain tidak percaya level hargi itu bisa dicapai. Namun tetap mementingkan kekhusykan ibada para jamaah. Karena itulah tujuan kita ke tanah suci, dan itulah yang menjadikan perjalanan kita sukses atau gagal.

Comments   

 
+1 # Ahmad H. 2013-01-04 08:07
Informasi yang sangat bermanfaat. Kalau bisa, juga dijelaskan tips-tips bagaimana ibadah/umrah/ha ji kita menjadi sangat bernilai bagi kita . Hal ini perlu karena kadang-kadang di Tanah Suci ada kemungkinan terlena dengan wisata belanja atau jalan-jalan melihat keindahan kota.

Ada satu hal yang mengganjal pada diri saya. Mana mungkin kita bisa menunaikan umrah kalau kita memiliki agenda multiple destination (berkunjung ke banyak tempat, terutama urusan keluarga/studi di negara Timur Tengah sekitar Saudi atau ke Eropa), sedangkan kedutaan Saudi di Jakarta hanya mengeluarkan visa umrah hanya untuk mereka yang ikut paket tur umrah. Mengapa kedutaan Saudi sampai paranoid seperti itu? Khawatir dan takut kalau orang seperti saya menjadi imigran gelap/overstay di sana)??
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # patumank 2013-02-19 15:43
Syukur alhamdulillah informasi tsb membuka mata kita bahwa perjalanan umroh ke masjid nabawi dan baitullah yang selama ini terus di bisniskan biro/travel yg rakus/tamak dapat lebih di kurangi dngan kesadaran umat muslim di indonesia yang memiliki dana terbatas tapi bertekat baja berkunjung ke makam rosul dan kakbah........s ubhanallah semoga menara wisata semakin tetap konsisten membantu secaratulus ikhlas
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # suryakontjara 2013-04-26 14:06
:lol: ok penjelasannya rinci sekali, cuman kalau mau ikut utk jul-agt syy hrs tau apa ada grup ga?? tlg ya diinfokan ke email saya. Thks
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # mujahidin 2013-08-04 14:29
sy sangat mendukung 1000% umrah backpacker yg dilakukan menara wisata.krn banyak sekali umat muslim indonesia ingin menunaikan umrah tp terbentur masalah biaya yg sangat mahal.terobosan menara wisata sgt bagus bg yg berniat besar tp berkantong tipis.tp yg terpenting adalah tour yg resmi.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # Afrienda 2013-10-05 00:48
diatas disebutkan bahwa paket hemat dengan 20 jamaah biasanya setiap jamaah dibebanni $70 - $80, karena susidi tour leader ini adalah biaya tetap yang paling besar, biasanya menjadi dasar bagi travel umrah haji untuk menentukan jumlah minimal jamaah yang berangkat setiap kelompok, atau kelompok kecil tetap diberangkatkan namun tidak menyertakan pembimbing dari Indonesia, kalau kami ber kumlah 24 orang untuk tgl 2 Maret s/d 11 maret 2014 total buaya brp yg harus kami byr ke MW perorang, mohon abalan / info nya, tks
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
-1 # Mady Johnny 2014-01-02 07:07
Mau umbroh maret tolong info
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Yuniar Sunarko 2014-01-07 05:38
Ass. wr. wb.
kalau pengen berangkat 25 Juli dan pulang 1 ato 2 Agustus 2014, apakah ada group?
Pengen Idul Fitri di Tanah Suci sambil menyesuaikan dg jatah libur kantor.
Berapa ya biayanya?
Mohon info yaaaa...boleh di E-mail, atau dishare di sini.. Makasih...
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment


Security code
Refresh