3 Keuntungan Memilih Umroh di bulan Desember

Umroh bisa dilakukan kapan saja. Tidak ada aturan agama ataupun aturan negara yang melarang umat Islam untuk melakukan ibadah umrah sepanjang tahun. Jemaah bisa memilih umroh Desember ataupun umrah April. Bebas dan tidak ada tekanan.

Umat Islam biasanya memilih waktu keberangkatan umrah ke Tanah Suci pada bulan Ramadan. Alasannya, karena Ramadan adalah bulan yang suci. Di bulan ini, umat Islam yang tengah melakukan ibadah umrah bisa mendapat pahala yang berlipat. Terlebih kalau beruntung bisa mendapat malam seribu bulan alias lailatulqadar.

 

Hanya saja, ada beberapa hambatan yang membuat jemaah cukup sulit dalam melakukan aktivitas ibadah umrah di bulan Ramadan. Salah satunya adalah terkait biaya. Umroh di bulan Ramadan merupakan momen puncak. Jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia berlomba-lomba melakukan umrah di bulan ini. Jadi, tidak heran kalau biaya pemberangkatan umrah meningkat.

Sebagai alternatif, jemaah memilih waktu keberangkatan di bulan lain. Salah satunya adalah umroh Desember. Di bulan ini, Anda memang tidak berkesempatan untuk memperoleh ibadah berlipat ganda seperti di bulan Ramadan. Namun, keutamaan ibadah umrah di bulan Desember tidak kalah jika dibandingkan umrah Ramadan.

Bahkan, Anda akan bisa mendapatkan beberapa keuntungan kalau melakukan ibadah umroh Desember. Di antaranya adalah:

1. Banyak momen liburan

Seperti diketahui, bulan Desember adalah bulan yang penuh dengan hari libur. Pada tahun 2016 ini, tercatat beberapa hari libur ada di bulan Desember, di antaranya adalah hari libur perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 dan Hari Natal pada tanggal 25.

Keberadaan hari libur ini membuat Anda tidak perlu menghabiskan jatah cuti terlalu banyak. Hal ini sangat penting, terutama bagi para karyawan kantor yang hanya punya jatah cuti terbatas. Dengan begitu, sisa jatah cuti bisa digunakan untuk kepentingan lainnya.

 

2. Muhasabah akhir tahun

Melakukan ibadah umroh Desember juga bisa dijadikan sebagai momen untuk muhasabah akhir tahun. Anda bisa menengok perbuatan yang telah dilakukan sepanjang tahun terakhir. Dengan suasana khusyuk yang didapatkan ketika umrah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, proses muhasabah akhir tahun akan bisa dilakukan lebih efektif.

3. Banyak promo

Umroh Desember juga identik dengan banyaknya tawaran promo yang diberikan oleh pihak agen travel. Dengan begitu, Anda bisa melakukan ibadah umrah dengan biaya yang lebih murah. Hanya saja, Anda perlu hati-hati dalam memilih agen travel. Pilih agen travel umrah yang tepercaya dan sudah terdaftar di Kementerian Agama.

Selain memiliki keuntungan tersebut, ada hal lain yang harus diperhatikan saat melaksanakan umroh Desember, yakni cuaca. Arab Saudi merupakan negara yang memiliki iklim gurun dan punya dua musim, yakni musim panas dan musim dingin.

Musim panas biasanya terjadi pada rentang bulan Juni hingga Agustus. Pada musim ini, suhu bisa mencapai angka 50 derajat Celsius. Sementara itu, pada bulan Desember, jemaah umrah harus menghadapi musim dingin yang biasanya terjadi pada rentang November hingga Februari. Oleh karena itu, jemaah harus melakukan persiapan untuk menghadapi suhu dingin di sana, bisa mencapai suhu 2 derajat Celsius.

Pada saat musim dingin, para jemaah akan cukup rentan terserang oleh berbagai jenis penyakit. Mulai dari pilek, batuk, bibir pecah-pecah, hingga penyakit saluran pernapasan. Untuk itu, pastikan sebelum keberangkatan umroh Desember, tubuh dalam kondisi yang fit. Selain itu, Anda juga harus membawa persediaan obat-obatan yang mencukupi. Jangan sampai aktivitas ibadah umrah terganggu gara-gara kondisi tubuh yang menurun.

Bagikan :

Berita terkait :