Secara harfiah, ukhuwah berarti persaudaraan. Kata ini diambil dari kata dasar bahasa Arab ‘akh’ yang artinya saudara. Dalam arti luas, ukhuwah Islamiyah berarti suatu karunia yang diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Taala kepada setiap umat-Nya agar memiliki rasa saling mengasihi dan menyayangi terhadap sesama muslim.

Pada masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, ukhuwah menjadi salah satu dari tiga kekuatan utama umat muslim. Kekuatan pertama adalah iman dan akidah, kedua adalah ukhuwah, dan yang ketiga adalah kekuatan senjata dan kepemimpinan.

Memelihara ukhuwah dalam kehidupan sehari-hari tak hanya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Ada beberapa manfaat ukhuwah yang tak kalah pentingnya, yaitu:

1. Mempererat Kerukunan Hidup Antar Sesama Masyarakat

Manfaat ukhuwah pertama yang akan dirasakan adalah kerukunan dengan sesama masyarakat yang semakin erat. Namun, kita tidak boleh lupa jika ukhuwah begitu erat kaitannya dengan tasamuh. Jika diri senantiasa memiliki sikap tasamuh atau tenggang rasa, insya Allah ukhuwah ini akan lebih mudah tercipta.

2. Solidaritas Sesama Muslim yang Semakin Menguat

Salah satu hal yang begitu penting dalam Islam adalah solidaritas atau rasa senasib sepenanggungan. Saat seorang muslim merasakan kebahagiaan, maka umat muslim lainnya akan turut berbahagia untuknya. Pun ketika seorang muslim didera musibah dan kesedihan, semua umat muslim lain akan ikut merasa sedih dan berusaha untuk menghibur. Solidaritas inilah yang membuat ukhuwah Islamiyah menjadi semakin erat.

3. Jaminan Surga dari Allah SWT

Ada banyak cara yang bisa dipilih oleh umat muslim dalam mencari surga Allah SWT. Mempererat tali persaudaraan adalah salah satunya. Perwujudannya pun terbilang mudah, misalnya ketika ada saudara seiman yang sedang sakit, kita meluangkan waktu untuk menjenguknya.

Sebagaimana sabda dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi:

Barang siapa yang mengunjungi orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru ‘Berbahagialah kamu. Berbahagialah dengan perjalananmu, dan kamu telah mendapatkan salah satu tempat di surga.

4. Terciptanya Kerukunan, Persatuan, dan Kesatuan Bangsa

Kerukunan muncul karena adanya rasa toleransi, saling menghargai dan menghormati. Jika kita mampu mempertahankan bahkan memperkuat rasa kerukunan tersebut, persatuan dan kesatuan bangsa pun akan tercipta dengan sendirinya. Bahkan, tak hanya terhadap umat yang seiman dan seagama, kita juga harus menjaga kerukunan, persatuan, dan kesatuan dengan umat agama lain tanpa melanggar batasan.

5. Allah SWT Akan Mengampuni Dosa-Dosanya

Allah SWT begitu menyayangi umat-Nya yang selalu berusaha mendekatkan diri dan selalu mengingat-Nya setiap waktu. Tak hanya menjalankan semua kewajiban dalam beribadah, mendekatkan diri pada Allah SWT juga bisa dilakukan dengan menjalin silaturahmi dan senantiasa menjaga persaudaraan. Bagi mereka yang melakukannya, Allah SWT menjanjikan ampunan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Jika dua orang muslim bertemu dan kemudian mereka saling berjabat tangan, maka dosa-dosa mereka hilang dari kedua tangan mereka, bagai berjatuhan dari pohon.”

6. Terhindar dari Sikap Saling Bermusuhan

Alkisah, kaum Aus dan Khazraj hidup berdampingan di kota Madinah sebelum agama Islam hadir di kota tersebut. Meskipun demikian, kedua kaum tadi hidup saling bermusuhan selama bertahun-tahun. Namun, setelah agama Islam masuk ke kota Madinah, Allah SWT meleburkan semua sifat-sifat buruk di antara kedua kaum dan menggantinya dengan rasa saling menyayangi dan tasamuh. Setelahnya, kedua kaum pun hidup berdampingan dengan rukun.

Dari cerita tadi kita mengetahui bahwa Allah SWT tidak menyukai umat-Nya yang diselimuti oleh dendam atau permusuhan. Tak hanya itu, kita pun tahu bahwa Islam adalah agama terbaik yang mampu menyatukan berbagai hati manusia menjadi satu kerukunan dan perdamaian yang kuat.

Setelah mengetahui berbagai manfaat ukhuwah tadi, masihkah kita saling bermusuhan antar sesama muslim? :)

Dalam meningkatkan lebih dalam ukhuwah antar sesama muslim di seluruh dunia, Anda bisa bersilaturahim bersama mereka di Baitullah dengan promo & paket-paket Haji & Umroh andalan Menara Wisata. Cek beberapa penawaran kami di halaman paket berikut ini.

Bagikan :

Berita terkait :