Turki merupakan salah satu negara yang berbatasan langsung dengan 3 benua yaitu Asia, Afrika, dan Eropa. Karena letaknya cukup strategis, negara ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Selain letak, daya tarik Turki bisa dilihat dari bentang alam dan potensi wisatanya yang mengagumkan.

Tidak heran jika setiap tahun ribuan turis datang mengunjungi negara yang merupakan peninggalan dari Ottoman Empire tersebut. Nah, jika Anda berencana untuk backpacker solo ke Turki, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar perjalanan lancar dan tidak melebih bujet yang disiapkan.

Berikut ulasannya!

1. Mempersiapkan mental dan fisik

Tidak seperti perjalanan bersama rombongan, solo backpacker membutuhkan persiapan mental dan fisik yang cukup intens karena segala hal dipersiapkan sendiri tanpa bantuan siapapun. Jangan sampai gara-gara terlalu lelah ber-backpacker kita jatuh sakit di negara orang sehingga harus mengeluarkan uang ekstra untuk pengobatan.

2. Membuat visa

Kelebihan Turki dari negara lain adalah proses pengurusan visanya yang cukup mudah. Untuk membuat visa, Anda tidak perlu datang langsung ke kedutaan. Visa ke Turki bisa dibuat secara online dan berbentuk elektronik (E-Visa). Proses pembuatannya pun cukup cepat, sekitar 15 menit.

E-Visa termasuk single entry atau visa sekali masuk dengan masa berlaku 180 hari dan durasi tinggal maksimal 30 hari. Biaya pembuatannya sekitar USD25 atau Rp300.000. Jika tidak suka dengan E-Visa, Anda bisa mengajukan pembuatan VOA (Visa of Arrival) yang waktu pembuatannya lebih lama dan prosesnya juga lebih ribet.

3. Membeli tiket

Untuk membeli tiket pesawat ke Turki, lebih baik lakukan perbandingan harga terlebih dahulu untuk mencari tiket termurah. Selain Qatar Airways, maskapai lain yang bisa dipakai untuk pergi ke negara tersebut adalah Turkish Airlines dan Garuda Indonesia.

4. Memesan akomodasi

Turki termasuk salah satu negara dengan variasi pilihan akomodasi yang cukup beragam. Karena bepergian sendiri, lebih baik pilihlah penginapan berkonsep dorm atau hostel. Pemesanan akomodasi bisa dilakukan saat kita berada di Indonesia, sehingga begitu sampai di Turki kita bisa langsung beristirahat sebelum memulai petualangan.

5. Transportasi selama trip

Untuk transportasi, lebih baik gunakan angkutan umum seperti kereta. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menyewa mobil. Untuk mendapatkan harga murah, bandingkan dulu harga sewa mobil di kota tujuan melalui internet untuk bisa melakukan proses tawar menawar saat transaksi.

6. Makanan

Harga makanan di Turki cenderung mahal, sekitar TRY5 hingga TRY20. Kalau ingin berhemat, Anda bisa membeli kudapan mengenyangkan di kaki lima seperti kebab atau roti canai. Sedangkan untuk minuman, sebaiknya beli di convenience store sekitar. Harga minuman kemasan biasanya berksar antara TRY1 sampai TRY2 per botol.

Jika akomodasi menyediakan dapur, Anda bisa lebih berhemat lagi karena memasak makanan sendiri dengan bekal yang dibawa dari indonesia seperti mi instan atau nasi abon.

7. Mengunjungi tempat wisata murah meriah

Bujet terbatas mungkin tidak bisa membawa Anda melihat keindahan Cappadocia yang legendaris. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mengunjungi tempat lain yang tidak kalah indah. Saat berada di Turki, kunjungilah 3 museum legendaris yaitu Aya Sofia, Topkapi Palace, dan Harem of Topkapi Palace.

Anda juga bisa mengunjungi pantai di Selat Bosporus atau melihat lanskap Istambul saat malam hari dari Galata Bridge yang memesona.

8. Belanja souvenir

Toko souvenir tersedia di hampir setiap tempat wisata. Untuk mendapatkan harga murah, lebih baik lakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Jangan memborong souvenir dari satu toko saja, berkunjunglah ke toko lain untuk membandingkan harga dan menawar.

Jadi, sudah siap bertualang menjelajahi Turki yang eksotis?

Tapi sambil menunggu waktu yang tepat kesana, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan untuk pergi Haji & Umroh dalam rangka berwisata sekaligus menunaikan rukun Islam yang ke-5 dengan paket kami Menara Wisata yang bisa Anda lihat macam-macamnya disini.

Bagikan :

Berita terkait :