Manusia sebagai makhluk sosial pasti selalu membutuhkan bantuan orang lain. Namun, bukan tidak mungkin terjadi perselisihan atau pun permasalahan dengan sesama dalam perjalanan kehidupan. Oleh karena itulah, kita sebagai umat Islam harus memiliki sifat tasamuh.

Pengertian Tasamuh

Tasamuh adalah sifat tenggang rasa. Dalam lingkup yang lebih luas, arti tasamuh ini dikaitkan dengan rasa saling menghormati dan menghargai sesama manusia dalam kehidupan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing, tanpa kesamaan satu sama lain. Allah SWT pun membekali ciptaan-Nya yang paling sempurna ini dengan perasaan dan berbagai sifat.

Saat hidup bersosial, berbagai sifat manusia akan bertemu. Pertemuan ini tak selalu menghasilkan penyesuaian. Pasti ada satu atau dua sifat dari seseorang yang tidak sesuai dengan diri kita. Inilah mengapa kita dianjurkan untuk selalu bertasamuh, agar kehidupan bermasyarakat tetap terjaga persaudaraannya. Tasamuh juga mencegah kita agar tidak saling tercerai berai dan berselisih, serta mampu menyelesaikan setiap masalah yang ada dengan kepala dingin dan rasa sabar.

Fungsi Tasamuh

Tasamuh bukan sekadar tenggang rasa atau saling menghargai dan menghormati saja. Arti tasamuh ini haruslah disertai dengan rasa saling menolong antar sesama dan meringankan kesulitan yang dihadapi orang lain.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam selalu berpesan kepada para sahabat, bahwa jika kita ingin beban dan kesulitan kita berkurang, kita haruslah senantiasa membantu meringankan kesulitan yang sedang dialami saudara sesama muslim. Jika kita ingin segala urusan dilancarkan dan dimudahkan oleh Allah SWT, kita harus senantiasa membantu memudahkan urusan orang lain, terutama saudara seiman dan seagama.

Secara sederhana, uraian di atas menghasilkan empat fungsi utama tasamuh, yaitu:

  • Mempererat tali persaudaraan antar sesama muslim.
  • Memudahkan segala urusan yang sedang kita jalankan.
  • Meringankan segala kesulitan yang sedang kita hadapi.
  • Menciptakan suasana kekeluargaan yang kental.

Manfaat Tasamuh

Tasamuh tidak hanya menghasilkan berbagai manfaat untuk diri sendiri, tetapi juga terhadap lingkungan sekitar dan kehidupan kita. Itulah mengapa Allah SWT dan Nabi SAW sangat menganjurkan setiap muslim untuk menerapkan arti tasamuh dengan sebaik-baiknya, dengan hati yang ikhlas dan tanpa paksaan.

Lalu, apa saja manfaat yang akan kita dapatkan dengan memiliki sifat dan sikap tasamuh? Berikut beberapa di antaranya:

  • Hidup kita akan senantiasa terhindar dari prasangka buruk orang lain.
  • Allah SWT akan menjauhkan kita dari perselisihan, perdebatan, dan perselisihan dengan saudara sesama muslim yang lain.
  • Allah SWT akan menaikkan derajat kita sebagai manusia yang beriman di hadapan-Nya.
  • Diri akan senantiasa terhindar dari sifat takabur dan ingin menang sendiri.

Contoh Tasamuh

Perilaku tasamuh harus dibiasakan dan diterapkan sejak dini. Orang tua adalah contoh terbaik, sementara keluarga adalah lingkungan yang paling tepat untuk menerapkan sifat tasamuh pada anak-anak sebelum menyentuh lingkungan bermasyarakat.

Berikut ini adalah contoh perilaku yang mencerminkan arti tasamuh:

1. Terhadap Teman

  • Memelihara kerukunan.
  • Tidak membedakan teman dari kekayaan, pangkat, maupun jabatannya.
  • Saling membantu dan menolong.

2. Terhadap Saudara Seiman dan Seagama

Rasulullah haruslah menjadi panutan kita dalam menerapkan sifat dan perilaku tasamuh. Perselisihan dan perbedaan pendapat yang terjadi jangan menjadi alasan untuk diri berhenti melakukan tasamuh. Justru kita harus senantiasa mengingat Rasulullah SAW dengan berselawat ketika sedang menghadapi perselisihan.

3. Terhadap Orang-Orang Non Muslim

Dalam hidup bermasyarakat, kita pasti akan hidup dengan orang-orang yang memiliki keyakinan berbeda. Namun, janganlah hal tersebut menjadi alasan untuk diri kita bersikap tidak adil. Justru, kita diwajibkan untuk tetap menjunjung tinggi arti tasamuh bahkan dengan orang-orang yang tidak seagama.

Seperti dalam Alquran surat Al-Kafiruun ayat 6 yang artinya “Bagiku agamaku dan bagimu agamamu.”

Semoga kita senantiasa menjadi ummat terbaik yang menebarkan kebaikan dan memberi rahmat kepada seluruh alam semesta.


Dapatkan promo-promo Paket Haji & Umroh menarik dari Menara Wisata dengan mengunjungi halaman berikut ini.

Bagikan :

Berita terkait :