Berlawanan dengan sikap sombong yang paling dibenci Allah, sikap rendah hati (Tawadhu') adalah teladan tertinggi dari akhlak mulia Rasulullah. Bahkan, anjuran untuk bersikap tawadhu' beserta keutamaannya ini telah banyak dijelaskan dalam riwayat hadis maupun ayat-ayat Alquran.

Seperti sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian rendah hati sehingga tidak ada seorang pun yang berbuat jahat atas orang yang lain dan tidak berbangga satu orang atas orang yang lain." (HR. Abu Daud).

Dari hadis tersebut, tampak jelas bahwa sikap tawadhu' tidak hanya penting bagi hubungan antara manusia-Allah (Hablumminallah), tetapi juga penting bagi hubungan antar manusia (hablumminannash).

Nah, mengingat pentingnya sikap mulia yang satu ini, tentu kita perlu memahami pengertian rendah hati dalam Islam secara lebih mendalam agar bisa meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Tawadhu' atau Rendah Hati

Secara terminologi, rendah hati (tawadhu') dapat diartikan sebagai sikap yang menganggap kedudukan diri tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kebesaran Allah, dan karenanya tidak ada alasan untuk menilai diri lebih baik dari yang lain. Baik dalam hal keimanan, harta, potensi yang dimiliki, atau yang lainnya. Jika rasa dan sifat tersebut telah tersemat dalam hati dan pikiran, maka seseorang pun akan mampu berperilaku hormat, menghargai, dan memuliakan orang lain.

Dan sebagaimana sikap mulia yang lain, sikap tawadhu' juga memiliki dua ujung dengan masing-masing ujungnya tergolong sikap tercela. Salah satu ujungnya mengarah pada  hal-hal atau sikap berlebihan yang kemudian disebut dengan kesombongan, sementara ujung yang lain mengarah pada sikap yang terlalu merendahkan hingga berujung pada kehinaan yang kemudian dikenal dengan sebutan rendah diri. Jadi, sikap terbaik adalah berada di pertengahan yaitu merendahkan hati tanpa menghinakan diri (tawadhu').

Macam-Macam Tawadhu'

Setelah memahami pengertian rendah hati dalam Islam, kita juga perlu mempelajari tentang macam-macam tawadhu' beserta tanda atau ciri-cirinya. Dilihat dari baik buruknya, para ulama ada yang membagi sifat tawadhu' menjadi dua kategori, yaitu;

1. Tawadhu' yang terpuji

Yakni sikap rendah hati seseorang terhadap kebesaran Allah SWT sehingga dirinya juga tidak menganggap tinggi kedudukannya di hadapan hamba-hamba Allah yang lain. Hal ini karena dirinya sadar bahwa segala yang dimiliki adalah kuasa dan pemberian Allah yang tak patut disombongkan.

2. Tawadhu' yang dibenci

Yaitu sikap rendah hati seseorang karena menginginkan sesuatu atau adanya maksud terselubung, seperti menginginkan harta atau yang lainnya.

Sementara jika dilihat dari objeknya, tawadhu' dibagi menjadi empat kategori, yaitu;

  • Tawadhu' kepada Allah, yaitu orang yang merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Ciri-ciri sikap tawadhu' ini di antaranya; selalu merasa ibadahnya masih kurang sempurna dibandingkan dengan tumpukan dosa-dosa yang telah dilakukan, tidak berorientasi untuk menuntut hak kepada Allah tetapi lebih pada diri sendiri atas amal yang harus dilakukan, serta memperbanyak puji-pujian terhadap Allah dibandingkan dengan pujian terhadap diri sendiri.
  • Tawadhu' kepada Agama, yang ditandai dengan sikap patuh dan taat terhadap segala aturan, perintah, dan larangan dalam ajaran agama Islam.
  • Tawadhu' kepada Rasulullah, yang ditandai dengan berusaha meneladani akhlak mulia Rasul, serta mencintai dan menaati segala perkataan, perbuatan, dan petunjuk beliau.
  • Tawadhu' kepada sesama, dengan ciri-ciri di antaranya; mampu menerima nasihat, saran, dan kebenaran dari orang lain; senantiasa berbaik sangka  (khusnudzon); melihat kebaikan orang lain dan menutupi kekurangannya; serta selalu siap membantu orang lain .

Nah, itulah sekilas tentang pengertian rendah hati dalam Islam beserta jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat sebagai bekal bagi diri untuk berbenah dan meningkatkan kualitas pribadi.

Tingkatkan pula ibadah Anda dengan berkunjung ke Baitullah dan menunaikan Ibadah Haji bersama kami Menara Wisata lewat paket-paket yang terjangkau disini.

Bagikan :

Berita terkait :