Tiga Keutamaan dan Pahala Umroh

Mengunjungi Baitullah tentu menjadi cita-cita setiap mukmin. Si kaya, si miskin, si tua, si muda, si sehat, dan si sakit, semua berlomba-lomba untuk menjejakkan kaki di tanah yang dimuliakan Allah tersebut. Selain untuk menunaikan ibadah haji, keinginan tersebut juga dapat dipenuhi melalui ibadah umroh.

Umroh bisa dikatakan sebagai “haji kecil”. Disebut demikan, karena rangkaian ibadahnya menyerupai haji, hanya berbeda niat dan dilakukan tanpa wukuf di Arafah. Inilah yang kemudian menjadi alasan banyak orang memilih umroh sebagai alternatif memenuhi kerinduan akan panggilan Allah di Tanah Suci.

Pahala Umroh
 

Setiap ibadah yang diperintahkan Allah tentu memiliki kebajikan dan keutamaan masing-masing. Adapun keutamaan dan pahala umroh yang telah dijanjikan Allah Swt. antara lain:

Penebus Dosa‚Äč

Diriwayatkan dalam sebuah hadis, bahwa Rasulullah Saw. bersabda “Ibadah umroh satu ke umroh lainnya merupakan penebus dosa di antaranya”. Tentu hal ini berlaku bagi mereka yang telah melaksanakan ibadah umroh sebelumnya.

Sebagai contoh, jika Anda sepuluh tahun yang lalu telah melaksanakan umroh dan tahun ini juga melaksanakan umroh, maka dosa-dosa yang diperbuat dalam rentang sepuluh tahun tersebut akan ditebus oleh Allah Swt.

Hal tersebut sama dengan ganjaran penebus dosa dari Jumat satu ke Jumat berikutnya, Ramadan satu ke Ramadan berikutnya, dan sholat lima waktu.

 

Akan tetapi, apakah hal tersebut berlaku tanpa batasan?

Tidak. Yang harus Anda pahami, dosa-dosa tersebut niscaya akan diampuni selama Anda menjauhi dosa-dosa besar. Satu-satunya yang menjadi penghapus dosa besar adalah taubat atau rahmat Allah Swt.  

Namun, apabila dosa-dosa kecil yang Anda perbuat sebelumnya telah terhapuskan oleh amalan lain, bisa jadi pahala umroh yang diperoleh dapat meringankan dosa besar yang masih ada. Wallahu alam.

Sebagai Amalan Jihad bagi Wanita dan Kaum yang Lemah
 

Jihad merupakan suatu amalan yang memiliki ganjaran yang sangat tinggi, bahkan merupakan puncak ibadah. Ketika berjihad, seluruh jiwa, raga, dan harta, siap dipersembahkan hanya untuk Allah swt.

Akan tetapi, tidak seluruh kaum muslim mendapat kesempatan untuk melaksaakan ibadah ini. Salah satunya adalah bahwa hanya laki-laki yang bisa melaksanakan jihad.

Lantas bagaimana dengan kaum perempuan? Bukankah tidak adil jika hanya lelaki yang mendapat kesempatan sebesar itu?

Tidak perlu khawatir. Kenyataannya, ada beberapa amalan lain yang dapat dilakukan oleh perempuan, yang ganjarannya sama seperti berjihad. Melakukan umroh adalah salah satunya.

Mengunjungi Baitullah dan melakukan umroh akan menjadikan pahala umroh Anda setara dengan laki-laki yang bertempur di medan perang membela Islam. Pun demikian bagi kaum laki-laki yang mungkin tidak bisa lagi berjuang secara fisik mengibarkan bendera Islam di jalan Allah.

Dapat Menghilangkan Kefakiran
 

Biaya umroh setiap tahun kian meningkat. Namun demikian, niat dan semangat umat muslim untuk tetap menunaikan umroh tidak lantas surut. Bahkan mereka yang sudah pernah melakukan umroh sebelumnya pun masih berharap untuk kembali ke Tanah Suci, walaupun harus menyediakan dana yang tidak sedikit.

Bagi Anda yang diberi kemampuan secara material, sebaiknya jangan menunda-nunda untuk melaksanakan ibadah ini. Karena setiap rupiah yang Anda keluarkan kelak akan tergantikan dengan balasan yang setimpal—bahkan melebih yang Anda kira.

Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Rasulullah Saw., bahwa biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan ibadah haji sebanding dengan balasan atas biaya yang dikeluarkan untuk berperang di jalan Allah (H.R. Ath-Thabrani dan Anas bin Malik).

Selain itu, dalam hadis yang diriwayatkan oleh H.R. An-Nasai dan Tirmidzi, Rasulullah juga bersabda, “ikutkanlah umroh dan haji karena keduanya menghilangkan kemisikinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak…”

Itulah tiga keutamaan dan pahala umroh yang patut Anda ketahui. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat-Nya dan mempermudah kita dalam menjalankan segala ibadah yang diperintahkan-Nya, termasuk ibadah umroh. Amin.

 

Bagikan :

Berita terkait :