Tips Praktis Menjalankan Ibadah Haji dan Umroh agar Semua Kegiatan Berjalan Lancar

Setiap tahun tak sedikit dari jemaah haji dan umroh yang mengalami hal-hal tak menyenangkan di Tanah Suci. Mulai dari kehilangan barang, sakit, stres, hingga kesalahan dalam melakukan urutan ibadah. Hal semacam ini sebenarnya bisa dihindari jika Anda mengikuti beberapa tips praktis di bawah ini!

Tips Mengepak Barang

1. Timbang Barang Bawaan Anda

Membeli barang terlalu banyak akan membuat koper Anda jadi berat. Jika sampai melebihi batas, Anda akan diminta mengeluarkannya. Atau paling parah, Anda harus menambah biaya kelebihan beban muatan. Agar hal semacam ini tak terjadi dalam perjalanan ibadah Anda, lebih baik Anda menimbang barang bawaan Anda terlebih dulu agar bisa menaksir seberapa berat barang yang Anda bawa.

Zamzam

Persiapan Haji dan Umroh

2. Membawa Pakaian Ihram Tambahan

Tanah Suci adalah tempat yang panas. Selain itu, Anda akan banyak sekali melakukan perjalanan dengan kaki. Tubuh berkeringat dan pakaian ihram kotor adalah hal yang kadang tidak menyenangkan. Jadi daripada membawa hal tak berguna, lebih baik membawa pakaian ihram tambahan.

3. Membawa Perlengkapan yang Memudahkan Ibadah

Anda bisa membawa semacam makanan penambah tenaga, biasanya berupa power bars agar tidak bingung dengan makanan ketika Anda lapar. Anda bisa juga membawa botol air minum agar tidak bingung saat kehausan.

4. Membawa Air Zam-Zam

Anda tidak perlu bingung dalam membawa air zam-zam lagi. Beberapa maskapai penerbangan dan biro perjalanan haji dan umroh banyak yang sudah menyediakannya. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi memenuhi koper dengan air dan menjadikannya semakin berat.

Tips Keamanan Haji dan Umroh

1. Membawa Telepon GSM

Sesudah tiba di Tanah Suci, Anda bisa membeli kartu GSM lokal atau memakai kartu Indonesia yang tidak ada biaya roaming internasionalnya. Telepon genggam ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu Anda butuh bantuan karena tersesat atau hendak mencari anggota kelompok lain.

Telepon genggam akan sangat berguna bila Anda tersesat atau terpisah dari rombongan.

Baca juga:

Perlengkapan Haji

Perjalanan Haji

2. Membawa Obat-obatan

Keadaan udara di Tanah Suci tidak sama dengan Indonesia. Keadaan ini kadang membuat sebagian jemaah mengalami sakit. Untuk mengatasi hal-hal semacam ini, pastikan Anda selalu membawa obat di dalam tas untuk keadaan darurat. Jika Anda sakit saat prosesi ibadah berlangsung, Anda tidak akan mendapatkan ibadah haji dan umroh yang sempurna. Bukankah itu sangat disayangkan?

3. Jangan Sampai Kehilangan Kartu Identitas

Saat berada di Tanah Suci, jangan sampai Anda kehilangan kartu identitas. Kehilangan kartu ini akan menyulitkan Anda dalam banyak hal. Pertama saat Anda ingin kembali ke hotel, atau saat Anda nanti pulang ke tanah air. Selain itu, kartu identitas juga akan membantu Anda jika suatu ketika Anda tersesat dan tak bisa menemukan rombongan.

4. Waspada dengan Pencuri

Meski namanya Tanah Suci, copet dan pencuri tetaplah ada di sana. Apalagi dalam keadaan ramai dan agak kacau seperti itu. Anda harus selalu waspada dengan dompet dan barang berharga. Lebih baik menyewa semacam loker untuk meletakkan barang bawaan Anda.

Tips Mengatur Waktu

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Lebih baik selalu bersiap-siap setiap saat jika ada aba-aba untuk bergerak. Saat berhaji, waktu kadang bisa jadi tidak relevan, bahkan membawa jam pun seperti tidak berguna. Yang bisa dilakukan adalah selalu mengikuti petunjuk dan bergerak bersama-sama dengan rombongan.

Tata Cara Haji

Rombongan Haji dan Umrah

Tips Mengatasi Stres

Ubah cara pandang Anda tentang ibadah haji dan umroh. Jangan jadikan kekacauan dan keramaian sebagai hal yang memusingkan. Nikmati saja hal itu hingga Anda tidak akan terlalu pusing melihat banyak kerumunan orang.

Inilah beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan selama melakukan haji dan umroh. Dengan melakukan hal di atas, diharapkan ibadah penting ini akan berjalan dengan sangat lancar.

Bagikan :

Berita terkait :